Kamis, 19 Januari 2012

Nintendo Gamecube – Asyiknya Bermain dengan Wii







• Wii-kompatibel ketika memainkan games GameCube
• Eight-way D-pad
• Stik Jempol kembar analog
Wii telah menjadi hits sejak peluncurannya, begitu populernya hingga sering dicari dari internet, bahkan dengan balai lelang besar, tetapi stoknya selalu saja terbatas. Meskipun tidak sekuat kompetitornya seperti xbox atau playstation, Nintendo Wii berhasil dengan cukup baik juga sangat menyenangkan dan benar-benar mendebarkan saat dimainkan. Berat satu unit Wii hanya 6 kg dan panjangnya 210 mm, dengan lebar 150 mm serta tebal yang kurang dari 50 mm. Dapat diletakkan secara horisontal atau vertikal.

Konsol kotak Wii termasuk pengatur nirkabel dengan adaptor nunchuk, satu unit adaptor, bar sensor, power adaptor, dan satu set kabel komposit A / V untuk mengaitkan sistemnya ke televisi Anda. Panel belakang hanya memiliki lima colokan: satu untuk power adapter, satu untuk pemilik kabel A / V, satu untuk bar sensor, dan dua port USB untuk aksesoris. Sambungkan bar sensor di bawah televisi Anda, pasang kabel video ke TV Anda, kemudian colok kabel power ke steker di dinding, lalu Wii Anda pun siap untuk beraksi.

Wii menggunakan perangkat Gamepad untuk mengontrol permainannya. Konsol dapat menampung hingga empat (4) pengendali (controller) Gamepad yang sama yang dapat dipasang langsung ke konsol Wii ketika menikmati cakram permainan Nintendo GameCube pada Wii Anda.

Wii dilengkapi dengan memori internal 512MB untuk menyimpan game, hasil download berbagai judul konsol virtual, dan data lainnya. Untuk kebutuhan penyimpanan yang lebih tinggi, sistem Wii memiliki standar slot kartu Secure Digital untuk kartu SD. Gabungan perangkat lunak ini memungkinkan games Konsol Virtual untuk dimainkan secara langsung dari sebuah kartu SD, sehingga mengurangi masalah keterbatasan konsol dari masalah penyimpanan karena konsol hanya dapat mendukung SD berukuran 2GB.

Setelah semuanya terangkai bersama, atur perangkat lunak dan pengaturan unit seperti, nama pengguna, waktu, fitur permainan yang dipilih dengan menggunakan remote control. Koneksi Wi-Fi pada Wii bekerja dengan WPA yang aman dan jaringan Wi-Fi WEP terenkripsi serta mudah terhubung ke router wireless mana saja yang terbuka, tetapi dalam kasus jika Anda Tidak memiliki Wi-Fi, Nintendo juga menawarkan adaptor Ethernet yang tersambung dengan satu dari colokan USB.

Dengan pengaturan jaringan Wii yang tepat, sistem akan dapat mengakses secara online melalui layanan WiiConnect24 Nintendo yang memudahkan pengguna untuk secara otomatis men-download update sistem, konten game tambahan, bahkan informasi cuaca dan berita. Wii sudah termasuk adaptor jaringan nirkabel yang built-in, tetapi Anda juga bisa online dengan menggunakan pilihan biaya tambahan seperti adaptor LAN atau adaptor USB Wi-Fi yang berbagi koneksi dengan internet PC. Saya telah menguji perangkat Wi-Fi terpadu tersebut, dan hasil pengaturannya terlihat dalam sekejap.

Ketika ada pesan atau update sistem pada Wii Anda, unit akan memberitahu pengguna dengan fitur pemberitahuan berupa cahaya biru cerah, di samping unit slot. Setelah mengaktifkan Wii, penggunanya (gamer) akan diminta untuk membuat gamer ID, sistem yang digunakan untuk menyimpan permainan Anda dan juga untuk memberikan gamer sebuah identifikasi/tanda. Oleh karena WiiConnect 24 menyediakan layanan selama 24 jam penuh, maka kita perlu mendaftar dan masuk (log in) untuk mengakses pelayanan 24 jam selama setahun penuh, dan disajikan dengan Wii Menu, sebuah gabungan, yang menggunakan televisi/saluran dimana Anda bisa mengakses kebanyakan fitur online gratis Wii.
Layanan Online dan saluran utama

Wii Shop Channel (saluran belanja Wii), sebuah fitur yang menampilkan toko online Nintendo yang memudahkan Anda untuk men-download Virtual Console, juga akan memungkinkan para gamer untuk mendownload dan memainkan game dari konsol terdahulu seperti Nintendo 64, SPN, Super NES, dan Sega Genesis, TurboGrafx16. Nintendo akan menawarkan 12 permainan dari konsol klasik termasuk SimCity, Donkey Kong (NES), Super Mario 64, Sonic the Hedgehog (Genesis), dll.

Kemampuan online Wii lainnya, Wii memiliki bermacam-macam saluran layanan pendukung. Seperti online "Channels" yang menawarkan alternatif untuk PC berbasis Web browsing, tetapi sistem game online dan fitur komunitas tetap jadi daya tarik utamanya.

Bila Anda ingin bermain online dengan teman-teman, setiap Wii memiliki sebuah "kode teman" yang unik, berupa serangkaian angka yang dapat Anda temukan di menu konfigurasi sistem. Untuk berteman dengan pemilik Wii yang lain, Anda perlu mengirimkan kode teman Anda kepada mereka (melalui e-mail, olah pesan cepat/instant messaging, atau lewat telepon). Kemudian mereka harus memberikan dan menukarkan “kode teman” Wii mereka sendiri kepada Anda, dan Anda harus memasukkannya ke dalam Wii Anda. Sesudahnya, kalian berdua telah menjadi teman dan akhirnya dapat mengirim pesan kepada satu sama lain melalui “Message Channel” Wii.



Papan Pesan Wii (Message Board): Di sini Anda dapat memposting pesan di kalender untuk pemain Wii yang lain di rumah Anda. Juga bertukar pesan dengan pengguna Wii di seluruh dunia, dan mengumpulkan informasi tentang update permainan terbaru.

Saluran lain adalah sebagai berikut:
 
Mii Channel memungkinkan para pengguna membuat dan menyesuaikan MiiS, suatu avatar kecil yang manis untuk digunakan secara online dan dalam permainan tertentu. Anda dapat menyimpan hingga sepuluh karakter Mii di remote Wii single. The MiiS dapat dibuat animasi dengan fitur kustomisasi sederhana bagi para pengguna untuk membuat MiiS terlihat seperti diri mereka sendiri, serta teman-teman mereka.

Photo Channel dapat menampilkan dan mengedit foto. Juga dapat memainkan file musik MP3 dan video QuickTime. Pengelolaan foto dan pilihan untuk berbagi/sharing dapat digunakan untuk mengakses foto digital melalui kartu slot SD Wii. Untuk melihat foto, Anda dapat memperbesarnya; menciptakan slide, foto galeri, gambar dan menyesuaikan warna dalam berbagai cara yang artistik.

Forecast Channel (saluran cuaca): Ini adalah alat atau fitur yang cukup teratur dan rapih. Pada saluran ini Anda akan dapat menelusuri dunia 3D untuk mendapatkan ramalan cuaca yang secara otomatis diperbarui setiap hari. Fitur ini akan menampilkan ramalan cuaca lokal mingguan. Anda dapat juga memperluas pengamatannya secara global/mendunia, lengkap dengan ikon cuaca yang mudah dikenali untuk hampir setiap kota besar.

News Channel: saluran ini akan secara otomatis menampilkan berita terbaru dari seluruh dunia.

Papan Pesan Wii (Message Board): Di sini Anda dapat memposting pesan di kalender untuk pemain Wii yang lain di rumah Anda. Juga bertukar pesan dengan pengguna Wii di seluruh dunia, dan mengumpulkan informasi tentang update permainan terbaru.

Akhirnya tiba juga di sistem Wii Sports, permainan olahraga yang sederhana namun bisa “menular”, yang memungkinkan para pengguna merasakan kemampuan Wii tanpa perlu berinvestasi pada games tambahan. Wii Sports menggunakan pengatur sistem nirkabel misalnya untuk peralatan olahraga yang membebaskan para pengguna untuk mengayun dan seperti pura-pura melempar dalam bermain bisbol, tenis, golf, boling, dan tinju. Berbagai permainan dapat mendukung hingga empat pemain dalam waktu yang sama, tetapi kebanyakan mode memerlukan lebih daripada pengendali sistem tunggal untuk pilihan banyak pemain (multiplayer). Pemain dapat membolak-balikkan remote untuk permainan golf dan bowling, tapi pemain yang ingin bermain tinju atau menghadapi pemain lainnya satu sama lain dalam pertandingan tenis atau baseball perlu membeli pengendali (controller) setidaknya satu lagi.

Wii controller (pengendali Wii) dirancang untuk benar-benar dapat digunakan, tidak peduli Anda sedang memegangnya di tangan kanan maupun kiri.


Untuk permainannya, Remote Wii memiliki pad plus (D-pad), tombol A yang besar, pemicu B di bagian bawah, serta tombol berlabel 1 dan 2.

Remote Wii juga berisi kontrol untuk menyesuaikan kekuatan umpan balik, speaker built-in, tali gelang pada remote (kalau-kalau remote terlepas dari tangan anda), dan empat lampu LED biru yang mengindikasikan pemain/nomor controller mana yang sedang Anda mainkan . Cabangan ekspansi pada remote memungkinkan Anda untuk menghubungkan Nunchuk dan controller opsional lainnya. Controller Nunchuk yang disediakan digunakan bersamaan dengan Remote Wii dan menyediakan stik jempol analog, serta dua tombol pemicu depan berlabel C dan Z.

Wii menyajikan berbagai judul permainan menyenangkan dan inovatif. Gerakan sensitif dari controller membantu membuatnya menyenangkan untuk dimainkan sendiri selama berjam-jam.


Wii sangat terjangkau jika Anda hanya memiliki anggaran kecil dan sekelompok teman telah siap bermain bersama. Cocok juga jika Anda ingin mencari dan ingin membeli konsol permainan yang harganya terjangkau serta menyenangkan untuk diri sendiri dan bagi anak-anak Anda. Dapatkan Wii segera.

Sumber: http://unitechnic-digital.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar